Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Posted: November 18, 2010 in Wisata

Pemandian Alam Sumber Taman

Memasuki kompleks pemandian, pepohonan rindang nan asri menjulang tinggi saling berkejaran menjangkau langit. Rimbunnya daun-daun hijau diatas pohon seolah-olah siap melindungi pengunjung yang datang dari terik matahari. Wajar,jika begitu memasuki area pemandian pengunjung siap-siap disambut rimbunnya pohon-pohon tua yang berusia ratusan tahun ini. Suasana nan asri dan menyejukkan ini berpadu menjadi satu dengan canda tawa pengunjung yang menikmati segarnya air pemandian.

Wilayah Kabupaten Malang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Luasnya wilayah yang dimiliki kabupaten ini berbanding lurus dengan banyaknya obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Malang. Tidak mengherankan jika di wilayah Kabupaten Malang banyak ditemui tempat-tempat wisata terutama wisata alam. Sayang,banyaknya obyek wisata alam tersebut justru membuat sebagian tempat wisata yang ada belum dikenal masyarakat luas serta belum dioptimalkan dengan baik.

Salah satu obyek wisata alam yang memiliki potensi besar namun terabaikan tersebut adalah pemandian alam Sumber Taman. Jika kebetulan sedang melakukan perjalanan menuju Kota Kepanjen,Kabupaten Malang,alangkah baiknya untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi obyek wisata alam ini. Apalagi rutenya berada satu jalur dengan Kota Kepanjen dan tak jauh dari pusat kota tersebut,sekitar sepuluh menit kea rah selatan dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Belum Dikenal Wisatawan

Pemandian alam Sumber Taman terletak di perbatasan dua desa yakni Brongkal dan Karang Suko yang berada di Kecamatan Pagelaran,Kabupaten Malang. Jika berangkat dari Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Rute untuk menuju kedua desa itu bisa dilalui dari dua jalur jika berangkat dari Kota Malang. Pertama,rute bus umum yang menuju kota sekitarnya seperti Dampit dan Turen. Rute kedua yang menjadi alternatif ini merupakan jalan menuju Kota Kepanjen,ibukota Kabupaten Malang. Jika melewati jalan ini maka perjalanan dapat ditempuh dengan waktu yang lebih cepat karena jalan relatif sepi.

Letak pemandian Sumber Taman yang berada diantara dua desa inilah yang menyebabkan Sumber Taman bisa memiliki dua pintu masuk. Namun,umumnya pengunjung lebih sering masuk lewat gerbang utama yang akses jalannya lebih lebar dan dapat dilalui mobil yang berada di Karang Suko. Sedang jalan alternatif lainnya lebih kecil sehingga hanya bisa dilewati motor saja. Sayangnya,akses jalan masuk ke Sumber Taman masih berupa tanah dan bebatuan sehingga bagi para pengendara motor agar lebih berhari-hati. Apalagi jika musim hujan telah tiba.

Begitu memasuki Sumber Taman,pengunjung akan disuguhi pemandangan asri dengan rerimbunan pohon-pohon yang konon berusia ratusan tahun tahun. Banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area pemandian membuat suasana terasa sejuk dan menyenangkan karena terhindar dari terik matahari. Mata pengunjung pun akan tertuju ke sebuah kolam raksasa yang sebagian sisinya dinaungi beberapa pohon raksasa. Ya,itulah pemandian alam Sumber Taman yang mata airnya berasal dari bawah pohon-pohon tersebut.

Pemandian Sumber Taman bisa dikatakan menjadi satu-satunya tempat hiburan alam bagi warga Desa Brongkal dan Karang Suko. Terutama untuk anak-anak. Biasanya,mereka memanfaatkan keberadaan Sumber Taman sebagai tempat pemandian umum. Maka,tidak mengherankan jika pada Hari Minggu atau masa liburan tempat ini dipenuhi anak-anak dari kedua desa tersebut. Sayangnya,keasrian dan kesegaran air Sumber Taman masih belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Selain dari warga kedua desa itu,pengunjung yang datang masih berasal dari daerah sekitar.

Hal ini tidak mengherankan karena selama ini Sumber Taman memang belum terlalu dikenal sebagai obyek wisata terutama pengunjung dari luar Kabupaten Malang. Disamping itu perhatian pemerintah daerah untuk mengelola Sumber Taman secara serius tampaknya tidak ada. Padahal dengan keindahan yang dimiliki Sumber Taman,seharusnya tempat ini bisa menjadi rujukan berwisata bagi masyarakat serta dapat menambah pendapatan asli daerah Kabupaten Malang.

Berkah Warga Desa

Pemandian Sumber Taman bagi penduduk Desa Brongkal dan Karang Suko memiliki peranan vital. Sebagian mata air Sumber Taman yang berasal dari bawah pepohonan yang berada di area pemandian alam tersebut menjadi denyut nadi kehidupan warga desa. Umumnya,kedua warga desa tersebut memanfaatkan mata air yang ada untuk berbagai keperluan hidup mulai dari mencuci pakaian,mandi sampai untuk mengairi sawah. Bahkan,beberapa diantaranya memanfaatkan keberadaan Sumber Taman sebagai tempat untuk mencari nafkah dengan membuka warung kecil.

Meskipun status keberadaan Sumber Taman secara resmi belum menjadi obyek wisata namun beberapa fasilitas pendukung sudah terdapat di tempat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan fasilitas MCK atau kamar mandi. Selain itu area parkir kendaraan baik mobil maupun motor juga tersedia meski masih berupa lapangan. Tidak hanya itu saja,beberapa pedagang turut meramaikan suasana Sumber Taman baik yang berjualan makanan maupun yang menyewakan pelampung.

Area pemandian Sumber Taman sendiri cukup luas. Namun yang menjadi pusat perhatian dari area tersebut adalah keberadaan sebuah kolam atau telaga yang cukup besar yang berada ditengah. Telaga inilah yang sering menjadi tempat pemandian para pengunjung terutama anak-anak kecil. Air pemandian ini sangat jernih dan memiliki kedalaman sekitar tiga meter. Biasanya,anak-anak sering menggunakan bagian tepi dari telaga tersebut untuk bermain-main didalam air sekaligus mandi. Makin ketengah,maka kedalamannya makin bertambah. Jika sudah demikian,umumnya hanya pengunjung dewasa yang berani dengan menggunakan pelampung.

Setelah selesai bersenang-senang dengan menceburkan diri ke dalam air telaga yang segar,pengunjung tidak perlu kuatir mencari tempat untuk berganti pakaian. Pemandian Sumber Taman juga menyediakan kamar mandi yang terletak di sebelah selatan telaga baik untuk perempuan dan laki-laki. Uniknya,didepan kamar mandi ini terdapat sebuah kolam kecil yang mata airnya mengalir langsung dari telaga utama. Warga sekitar biasa menggunakan kolam ini untuk mencuci pakaian.

Terkait hal tersebut maka tidak mengherankan jika keberadaan Sumber Taman menjadi berkah bagi kedua warga desa. Selain airnya yang sering digunakan warga,adanya Sumber Taman juga turut dimanfaatkan warga sekitar untuk menambah kas kedua desa. Meski belum begitu dikenal sebagai objek wisata namun Sumber Taman sering didatangi pengunjung. Hal inilah yang dimanfaatkan sejumlah pemuda karang taruna desa untuk menarik tiket masuk bagi para pengunjung. Tiket masuk yang dipatok pun tidak mahal,sekitar dua ribu sampai lima ribu rupiah. Itupun dihitung bukan perorang tetapi tergantung jenis kendaraan yang dibawa. (dewi sartika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s