Keajaiban Sedekah

Posted: Desember 22, 2010 in Resensi Buku

Sedekah bagi sebagian orang bisa jadi merupakan hal remeh. Mudah namun sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak,sedekah umumnya berkaitan dengan uang yakni menyisihkan uang yang dimiliki atau melakukan suatu hal dengan ikhlas. Maka tidak mengherankan jika pada akhirnya sedekah menjadi suatu hal yang berat tak terkecuali bagi orang muslim sendiri. Padahal sedekah merupakan bagian dari ajaran agama Islam sebagai penyempurna amal ibadah seorang muslim.

Terkait hal ini pula terbitlah buku Dahsyatnya Sedekah 2. Buku ini adalah lanjutan dari buku yang sebelumnya diterbitkan dengan judul serupa. Bahkan sebagian cerita dari buku tersebut telah diangkat ke layar televisi. Apresiasi masyarakat pun sangat baik sehingga menginspirasi munculnya Dahsyatnya Sedekah 2. Serupa dengan buku pertama,buku Dahsyatnya Sedekah jilid 2 ini juga masih menampilkan testimoni banyak orang terkait dengan amalan sedekah mereka. Awalnya memangnya sulit untuk melacak keberadaan para donatur ini tetapi berkat berbagai pendekatan yang dilakukan maka keberadaan para dermawan ini pun berhasil diketahui untuk berbagi kisah.

Buku ini memaparkan kisah sedekah berbagai golongan masyarakat mulai dari cleaning service bernama Warlim yang sukses menjadi sekretaris direktur sampai kisah selebritis,Rina Gunawan. Setidaknya ada sekitar 50 kisah mengharukan seputar pengalaman para donatur ketika bersedekah. Seperti kisah Muhammad Taufik mulai rutin mengeluarkan zakat 2,5 persen dari gajinya setelah mendengarkan petuah sang bunda untuk memperbanyak sedekah jika ingin kaya. Begitu juga pengalaman Dessi Zailina yang diingatkan sang anak agar tidak pelit bersedekah setelah musibah beruntun menghampirinya maupun cerita Zaky Husein seorang penyiar radio yang kebanjiran job lantaran sedekah.

Testimoni para donatur yang termuat dalam buku ini terkait dengan sedekah pun tidak selalu identik dengan uang. Namun,sedekah bisa berupa senyum yang biasa diterapkan Warlim yang berbuah kuliah gratis atau sikap yang ditunjukkan mantan Menteri Pertanian,Anton Aprianto yang dengan ikhlas berbagi pengetahuannya serta menyediakan kantor kerjanya di IPB untuk mahasiswanya yang beragama Katolik. Atau kisah Yanto Abdillah yang dengan tulus ikhlas merawat adiknya yang mengidap penyakit asma bronchitis. Intinya,sedekah tidak hanya tentang bagaimana dengan ikhlas mengeluarkan uang namun hal-hal terkecil jika dilakukan dengan ikhlas pun bisa menjadi sedekah.

Buku ini sebaiknya dibaca karena kandungan isinya yang menggugah nurani. Selain itu isi buku Dahsyatnya Sedekah 2 ini juga ringan sehingga bisa menjadi hiburan alternatif. Namun yang tak kalah penting dari buku ini adalah ajakan untuk mulai belajar bersedekah terutama bagi orang Islam. Dahsyatnya Sedekah 2 ini mencoba memotivasi pembaca agar tidak ragu-ragu ataupun berat hati saat akan bersedekah karena melalui kisah-kisah yang ditampilkan sesungguhnya banyak keajaiban dibalik sedekah.  (dewi sartika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s